MAKALAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI INDONESIA “SMP IT MASJID SYUHADA.”
Dosen Pengampu: Muhamad Sahidin, S. Ag., M. Si.
Disusun Oleh:
Sri Sayekti 15812553
Jurusan Tarbiyah
PROGRAM STUDI: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI MASJID SYUHADA
YOGYAKARTA
2017
KATA PENGANTAR
Alamdulillahirabbil’alamin. Puja dan
puji syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat limpahan
rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas
penyusunan makalah dengan judul PENDIDIKAN
ISLAM TERPADU DI INDONESIA “SMP IT MASJID SYUHADA.”
Kami
selaku penyusun makalah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Muhamad Sahidin,
S. Ag., M. Si., selaku dosen pengampu mata kuliah Sosiologi Pendidikan Islam yang
telah memberikan kepercayaan untuk membuat makalah ini, serta orang tua yang
senantiasa berdoa untuk kelancaran tugas kami.
Penyusun
menyadari bahwa makalah yang dibuat masih banyak kekurangan dan tidak lepas
dari kesalahan. Dengan segala kerendahan hati, saran dan kritik yang membangun
sangat kami harapkan. Semoga makalah ini bisa memberikan suatu manfaat bagi
kami dan para pembaca serta dapat dijadikan referensi untuk penyusunan makalah
di waktu yang akan datang.
Yogyakarta, Maret 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………… i
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………….. ii
BAB
I PENDAHULUAN …………….……………….………………………… 1
A. Latar
Belakang ……………………………………………...…………… 1
B. Rumusan
Masalah ……………………………………………………….. 1
C. Tujuan
……………………………………………………………..…….. 1
BAB II
PEMBAHASAN ………………………………………………………….
A. Sejarah
SMP IT Masjid Syuhada ………………………………………….
B. Visi
dan Misi Sekolah ……………………………………………………..
C. Pelaksanaan
Pembelajaran …………………………………………………
BAB III PENUTUP
……………………………………………………………….
A. Kesimpulan
………………………………………………………………..
B. Saran
……………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan merupakan usaha manusia untuk
mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Menurut Ahmad D. Marimba
pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap
perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang
utama.[1]
Dalam konteks Islam pendidikan dikenal
dengan nama at-tarbiyyah, at-ta’lim, dan at-ta’dib. Dalam
Konferensi Internasional Pendidikan Islam tahun 1977, merekomendasikan bahwa
pendidikan Islam ialah keseluruhan pengertian yang terkandung dalam makna at-ta’lim, at-ta’dib dan at-tarbiyyah.
Asy-Syaibany
mengartikan pendidikan Islam sebagai perubahan yang diinginkan dan diusahakan
oleh proses pendidikan, baik pada tataran tingkah laku individu maupun pada tataran
kehidupan sosial serta pada tataran relasi dengan alam sekitar; atau pengajaran
sebagai aktivitas asasi, dan sebagai proporsi di antara profesi-profesi dalam
masyarakat. Adapun Ahmad Tafsir mengartikan pendidikan Islam sebagai bimbingan
yang diberikan seseorang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam.[2]
Pendidikan
Islam dapat dirumuskan sebagai “Proses transinternalisasi pengetahuan dan nilai
Islam kepada peserta didik melalui upaya pengajaran, pembiasaan, bimbingan,
pengasuhan, pengawasan, dan pengembangan potensinya, guna mencapai keselarasan
dan kesempurnaan hidup di dunia dan di akhirat.”[3]
Dalam
dunia pendidikan ada istilah baru yakni “Pendidikan Islam Terpadu.” Menurut
Moh. Kasiran pendidikan terpadu adalah pendidikan yang utuh antara sains dan
agama, keduanya diharapkan dapat berjalan secara berdampingan dan seimbang.[4]
Sedangkan pendidikan Islam merupakan suatu proses membina seluruh potensi
manusia sebagai makhluk yang beriman dan bertaqwa, berpikir dan berkarya untuk
kemaslahatan diri dan lingkungannya.
Dari
pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam terpadu adalah suatu
pendidikan yang menggabungkan ilmu sains dan ilmu agama dalam satu sistem yang
terpadu. Pendidikan Islam Terpadu berorientasi pada; pengembangan personal secara
optimal, menjadikan anggota masyarakat yang berguna dan menjadi insan kamil.[5]
Pengamatan yang dilakukan penulis dilaksanakan di SMP IT Masjid Syuhada,
sehingga penulis memberi judul ‘PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI INDONESIA “SMP IT
MASJID SYUHADA.”’
B. Rumusan Masalah
Menurut
latar belakang di atas maka masalah yang dirumuskan antara lain:
a. Bagaimana
sejarah berdirinya SMP IT Masjid Syuhada?
b. Apa
visi dan misi SMP IT Masjid Syuhada?
c. Bagaimana
proses pembelajaran di SMP IT Masjid Syuhada?
C.
Tujuan
Penulisan
Tujuan
penulisan:
a. Untuk
mengetahui sejarah terbentuknya SMP IT Masjid Syuhada.
b. Untuk
mengetahui visi dan misi SMP IT Masjid Syuhada.
c. Untuk
mengetahui proses pembelajaran di SMP IT Masjid Syuhada.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah SMP IT Masjid Syuhada
Sekolah
Menengah Pertama Islam Terpadu Masjid Syuhada (SMP IT Masjid Syuhada)
Yogyakarta secara resmi berdiri pada tanggal 25 Maret 2004 seiring dengan
adanya SK dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Yogyakarta Nomor 188/853
Tahun 2004. SMP IT Masjid Syuhada berlindung dalam Yayasan Masjid dan Asrama
(YASMA) Syuhada Yogyakarta bersama dengan TK Masjid Syuhada dan SD Masjid
Syuhada Yogyakarta.
Lokasi
SMP IT Masjid Syuhada berada di kompleks Masjid Syuhada Yogyakarta di Jalan I
Dewa Nyoman Oka No. 28 Kotabaru Yogyakarta 55224, dengan nomer telepon 0274
563972.
SMP
IT Masjid Syuhada menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dengan kurikulum
intergasi antara kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pendidikan Agama
Islam.
Tahun
2009, SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta telah terakreditasi berdasarkan SK Badan
Akreditasu Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta Nomor : 12.01/BAP/TU/X/2009 Tanggal 12 Oktober 2009 dengan peringkat
“B”. Dengan peringkat “B” ini memacu SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta untuk
berusaha lebih untuk dapat meningkatkan peringkatnya menjadi peringkat “A”.
Pada
tahun 2014, SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta mengikuti Akreditasi Sekolah ke-2
dan telah divisitasi tanggal 26-27 September 2014. Dan Berdasarkan SK Badan
Akreditasi Sekolah/Madrasah DIY Nomor : 16.01/BAP-SM/TU/X/2014 tanggal 16
Oktober 2014, SMP IT Masjid Syuhada mendapatkan peringkat Akreditas “A”.
SMP
IT Masjid Syuhada Yogyakarta pendidik sejumlah 18 orang dan karyawan sejumlah 5
orang. Seluruh pendidik di SMP IT Masjid Syuhada memenuhi kualifikasi Sarjana
(S-1) sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Lokasi
SMP IT Masjid Syuhada yang berkdekatan dengan RRI, Balai Bahasa, Jogja Study
Center (JSC) dan beberapa lembaga yang dapat dipergunakan sebagai sumber
belajar siswa. Hal ini memungkinkan untuk SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta dapat lebih berkembang dimasa-masa yang akan
datang.[6]
B. Visi dan Misi Sekolah
VISI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA :
“SMP IT Masjid Syuhada menjadi sekolah Islam
Unggulan yang Mewujudkan Lulusan yang Unggul, Cerdas, Kreatif, dan Berakhlakul
Karimah.”
MISI
SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA :
- Melaksanakan penghayatan dan pengamalan agama serta pembiasaan nilai-nilai akhlak mulia (ahlakul karimah) dan budi pekerti luhur.
- Mengembangkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara serta pelestarian budaya setempat.
- Melaksanakan pengembangan kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan bagi siswa
- Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan yang optimal dalam upaya peningkatan ilmu dan prestasi siswa sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
- Menerapkan inovasi model-model pembelajaran bagi anak berprestasi, bermasalah dan kelompok anak lainnya untuk tercapainya ketuntasan belajar bagi siswa
- Meningkatkan sarana prasarana pendidikan, media dan sumber bahan pembelajaran dalam upaya peningkatan standar pelayanan minimal
- Meningkatkan kompetensi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan
- Menciptakan suasana lingkungan belajar yang kondusif
- Menjalin kerja sama vertikal dan horisontal untuk mengembangkan potensi sekolah
- Meningkatan prestasi, kreasi dan apresiasi dalam bidang kegiatan non akademik.
- Melaksanakan pengembangan kreatifitas keterampilan kerumahtanggaan dan kerajinan tangan bagi siswa.
C. Proses Pembelajaran
Pembelajaran dimulai jam
07.00 dan selesai pada pukul 14.20 dilanjutkan dengan ekstrakurikuler dan
club. Pembelajaran dilaksanakan dari hari Senin – Sabtu (6 hari kerja).
Struktur kurikulum SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta berjumlah 43 jam pelajaran
per minggu dengan agenda rutinnya kegiatan Diniyah Pagi yang dilaksanakan pada
pukul 09.10-10.00 di Masjid Syuhada Yogyakarta.
Mata Pelajaran yang diajarkan di SMP IT Masjid
Syuhada adalah sebagai berikut:
- Pendidikan Agama Islam (Fiqih, Qur’an Hadist, Aqidah Ahlaq, Tarih/Sejarah Kebudayaan Islam)
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Ilmu Pengetahuan Sosial
- Pendidikan Jasmani dan Kesehatan/olahraga
- Seni Budaya
- Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Bahasa Arab
- Bahasa Jawa
- Tahfidzul Qur’an (Tahfiz)FiqiAl Quran HadistAqidah Ahlaq
D.
Fasilitas dan Sarana prasarana
Fasilitas dan sarana prasana sekolah meliputi :
a. Ruang kelas yang
representatif
b. Laboratorium IPA
c. Labortorium Komputer
d. Perpustakaan
e. Ruang UKS
f. Ruang Bimbingan dan
Konseling
g. Kantin
h. Koperasi Sekolah
i.
Masjid Agung Syuhada Yogyakarta
j.
Ruang Guru
k. Ruang Tata Usaha
l.
Ruang Kepala Sekolah
m. Free Wifi
n. CCTV
E. Pestasi yang Diraih SMP IT Masjid Syuhada
Sejak
berdiri pada tahu 2004 SMP IT Masjid Syuhada sudah banyak memiliki prestasi.
Berikut ini beberapa prestasi yang di raih SMP IT Masjid Syuhada:
a. Juara
I Nasyid Acapella putra dalam Bina Umat Competition Series 2016
b. Juara
II lomba renang gaya dada 50 M putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional
(OOSN) Tingkat Kota Yogyakarta 2016
c. Juara
III lomba renang gaya dada 100 M putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional
(OOSN) Tingkat Kota Yogyakarta 2016
d. Juara
I lomba lari 60 M putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) Tingkat
Kota Yogyakarta
e. Juara
II lomba MHQ Putri dalam MHQ Pelajar tingkat kota Yogyakarta tahun 2016 dan
lain sebagainya.[7]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
SMP IT Masjid Syuhada sudah
memenuhi kriteria sebagai sekolah Islam terpadu yang dapat menggabungkan antara
ilmu sains dan ilmu agama. Prestasi yang diraih SMP IT Masjid Syuhada tak kalah
dengan SMP-SMP lain. SMP IT Masjid Syuhada
menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dengan kurikulum intergasi antara
kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran
di SMP IT Masjid Syuhada dimulai jam 07.00 dan selesai pada pukul 14.20
dilanjutkan dengan ekstrakurikuler dan club.
B. Saran
Dengan
semakin semaraknya sekolah-sekolah Islam terpadu, diharapkan semakin maju pula
pendidikan di Indonesia. Konsep pendidikan Islam terpadu sangat bagus,
hendaknya konsep tersebut berlaku secara maksimal dan dari sekolah-sekolah
Islam terpadu hendaknya mencetak generasi bangsa yang luar biasa.
DAFTAR PUSTAKA
Kasiran,
Moh.. 1999. Pendidikan Terpadu
Sebagai Akseletor Kebangkitan Sains Islam, Jurnal STAIN Malang No. 6.
Mujib,
Abdul & Mudzakkir, Jusuf. 2010. Ilmu
Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Tafsir, A.. 2011. PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM. Bandung:
CV. Pustaka Setia.
Wahab, Rochmat. Konsep Sekolah
Islam Terpadu.
YASMA. 2017. Yayasan Masjid Syuhada. Yogyakarta:
EMPAT-K.
Jagad, Perahu. 2014. Pengertian
Pendidikan Islam Terpadu.
From:
http://perahujagad.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-pendidikan-islam-terpadu.html (Diakses 29 Maret 2017, jam 05.00)
Masjid Syuhada, SMPIT. Sejarah.
From:
https://smpitmasjidsyuhada.wordpress.com/galeri-foto/sejarah/
(Diakses 7 Maret 2017, jam 13. 34)
[1] A. Tafsir, PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM, (Bandung:
CV. Pustaka Setia, 2011), hlm. 21.
[2] A. Tafsir, PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM, (Bandung:
CV. Pustaka Setia, 2011), hlm. 24
[3] Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan
Islam, (Jakarta: Kencana, 2010), hlm. 27.
[4] Moh. Kasiran, Pendidikan Terpadu Sebagai Akseletor
Kebangkitan Sains Islam, Jurnal STAIN Malang No. 6 Tahun 1999, hlm. 22.
[5] Rochmat Wahab, Konsep Sekolah Islam Terpadu, hlm.
3.
[7] YASMA, Yayasan Masjid Syuhada, (Yogyakarta:
EMPAT-K: 2017), hlm. 4.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar