Selasa, 17 Oktober 2017

SMP IT Masjid Syuhada

MAKALAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI INDONESIA “SMP IT MASJID SYUHADA.”
Dosen Pengampu: Muhamad Sahidin, S. Ag., M. Si.







Disusun Oleh:
Sri Sayekti 15812553


Jurusan Tarbiyah
PROGRAM STUDI: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI MASJID SYUHADA
YOGYAKARTA
2017








KATA PENGANTAR

Alamdulillahirabbil’alamin. Puja dan puji syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penyusunan makalah dengan judul PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI INDONESIA “SMP IT MASJID SYUHADA.”
Kami selaku penyusun makalah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Muhamad Sahidin, S. Ag., M. Si., selaku dosen pengampu mata kuliah Sosiologi Pendidikan Islam yang telah memberikan kepercayaan untuk membuat makalah ini, serta orang tua yang senantiasa berdoa untuk kelancaran tugas kami.
Penyusun menyadari bahwa makalah yang dibuat masih banyak kekurangan dan tidak lepas dari kesalahan. Dengan segala kerendahan hati, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan. Semoga makalah ini bisa memberikan suatu manfaat bagi kami dan para pembaca serta dapat dijadikan referensi untuk penyusunan makalah di waktu yang akan datang.







Yogyakarta, Maret 2017


Penyusun




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………… i

DAFTAR ISI …………………………………………………………………….. ii

BAB I PENDAHULUAN …………….……………….………………………… 1
A.    Latar Belakang ……………………………………………...…………… 1
B.     Rumusan Masalah ……………………………………………………….. 1
C.     Tujuan ……………………………………………………………..…….. 1

BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………….
A.    Sejarah SMP IT Masjid Syuhada ………………………………………….
B.     Visi dan Misi Sekolah ……………………………………………………..
C.     Pelaksanaan Pembelajaran …………………………………………………

BAB III PENUTUP ……………………………………………………………….
A.    Kesimpulan ………………………………………………………………..
B.     Saran ……………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………

 
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan usaha manusia untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Menurut Ahmad D. Marimba pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.[1]
Dalam konteks Islam pendidikan dikenal dengan nama at-tarbiyyah, at-ta’lim, dan at-ta’dib. Dalam Konferensi Internasional Pendidikan Islam tahun 1977, merekomendasikan bahwa pendidikan Islam ialah keseluruhan pengertian yang terkandung dalam makna  at-ta’lim, at-ta’dib dan at-tarbiyyah.
Asy-Syaibany mengartikan pendidikan Islam sebagai perubahan yang diinginkan dan diusahakan oleh proses pendidikan, baik pada tataran tingkah laku individu maupun pada tataran kehidupan sosial serta pada tataran relasi dengan alam sekitar; atau pengajaran sebagai aktivitas asasi, dan sebagai proporsi di antara profesi-profesi dalam masyarakat. Adapun Ahmad Tafsir mengartikan pendidikan Islam sebagai bimbingan yang diberikan seseorang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam.[2]
Pendidikan Islam dapat dirumuskan sebagai “Proses transinternalisasi pengetahuan dan nilai Islam kepada peserta didik melalui upaya pengajaran, pembiasaan, bimbingan, pengasuhan, pengawasan, dan pengembangan potensinya, guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup di dunia dan di akhirat.”[3]
Dalam dunia pendidikan ada istilah baru yakni “Pendidikan Islam Terpadu.” Menurut Moh. Kasiran pendidikan terpadu adalah pendidikan yang utuh antara sains dan agama, keduanya diharapkan dapat berjalan secara berdampingan dan seimbang.[4] Sedangkan pendidikan Islam merupakan suatu proses membina seluruh potensi manusia sebagai makhluk yang beriman dan bertaqwa, berpikir dan berkarya untuk kemaslahatan diri dan lingkungannya.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam terpadu adalah suatu pendidikan yang menggabungkan ilmu sains dan ilmu agama dalam satu sistem yang terpadu. Pendidikan Islam Terpadu berorientasi pada; pengembangan personal secara optimal, menjadikan anggota masyarakat yang berguna dan menjadi insan kamil.[5] Pengamatan yang dilakukan penulis dilaksanakan di SMP IT Masjid Syuhada, sehingga penulis memberi judul ‘PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI INDONESIA “SMP IT MASJID SYUHADA.”’

B.     Rumusan Masalah
Menurut latar belakang di atas maka masalah yang dirumuskan antara lain:
a.       Bagaimana sejarah berdirinya SMP IT Masjid Syuhada?
b.      Apa visi dan misi SMP IT Masjid Syuhada?
c.       Bagaimana proses pembelajaran di SMP IT Masjid Syuhada?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan:
a.       Untuk mengetahui sejarah terbentuknya SMP IT Masjid Syuhada.
b.      Untuk mengetahui visi dan misi SMP IT Masjid Syuhada.
c.       Untuk mengetahui proses pembelajaran di SMP IT Masjid Syuhada.






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah SMP IT Masjid Syuhada
Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Masjid Syuhada (SMP IT Masjid Syuhada) Yogyakarta secara resmi berdiri pada tanggal 25 Maret 2004 seiring dengan adanya SK dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Yogyakarta Nomor 188/853 Tahun 2004. SMP IT Masjid Syuhada berlindung dalam Yayasan Masjid dan Asrama (YASMA) Syuhada Yogyakarta bersama dengan TK Masjid Syuhada dan SD Masjid Syuhada Yogyakarta.
Lokasi SMP IT Masjid Syuhada berada di kompleks Masjid Syuhada Yogyakarta di Jalan I Dewa Nyoman Oka No. 28 Kotabaru Yogyakarta 55224, dengan nomer telepon 0274 563972.
SMP IT Masjid Syuhada menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dengan kurikulum intergasi antara kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Tahun 2009, SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta telah terakreditasi berdasarkan SK Badan Akreditasu Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor : 12.01/BAP/TU/X/2009 Tanggal 12 Oktober 2009 dengan peringkat “B”. Dengan peringkat “B” ini memacu SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta untuk berusaha lebih untuk dapat meningkatkan peringkatnya menjadi peringkat “A”.
Pada tahun 2014, SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta mengikuti Akreditasi Sekolah ke-2 dan telah divisitasi tanggal 26-27 September 2014. Dan Berdasarkan SK Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah DIY Nomor : 16.01/BAP-SM/TU/X/2014 tanggal 16 Oktober 2014, SMP IT Masjid Syuhada mendapatkan peringkat Akreditas “A”.
SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta pendidik sejumlah 18 orang dan karyawan sejumlah 5 orang. Seluruh pendidik di SMP IT Masjid Syuhada memenuhi kualifikasi Sarjana (S-1) sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Lokasi SMP IT Masjid Syuhada yang berkdekatan dengan RRI, Balai Bahasa, Jogja Study Center (JSC) dan beberapa lembaga yang dapat dipergunakan sebagai sumber belajar siswa. Hal ini memungkinkan untuk SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta dapat lebih berkembang dimasa-masa yang akan datang.[6]

B.     Visi dan Misi Sekolah
VISI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA :
“SMP IT Masjid Syuhada menjadi sekolah Islam Unggulan yang Mewujudkan Lulusan yang Unggul, Cerdas, Kreatif, dan Berakhlakul Karimah.”
MISI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA :
  1. Melaksanakan penghayatan dan pengamalan agama serta pembiasaan nilai-nilai akhlak mulia (ahlakul karimah) dan budi pekerti luhur.
  2. Mengembangkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara serta pelestarian budaya setempat.
  3. Melaksanakan pengembangan kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan bagi siswa
  4. Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan yang optimal dalam upaya peningkatan ilmu dan prestasi siswa sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
  5. Menerapkan inovasi model-model pembelajaran bagi anak berprestasi, bermasalah dan kelompok anak lainnya untuk tercapainya ketuntasan belajar bagi siswa
  6. Meningkatkan sarana prasarana pendidikan, media dan sumber bahan pembelajaran dalam upaya peningkatan standar pelayanan minimal
  7. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan
  8. Menciptakan suasana lingkungan belajar yang kondusif
  9. Menjalin kerja sama vertikal dan horisontal untuk mengembangkan potensi sekolah
  10. Meningkatan prestasi, kreasi dan apresiasi dalam bidang kegiatan non akademik.
  11. Melaksanakan pengembangan kreatifitas keterampilan kerumahtanggaan dan kerajinan tangan bagi siswa.

C.    Proses Pembelajaran
Pembelajaran dimulai jam 07.00  dan selesai pada pukul 14.20 dilanjutkan dengan ekstrakurikuler dan club. Pembelajaran dilaksanakan dari hari Senin – Sabtu (6 hari kerja). Struktur kurikulum SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta berjumlah 43 jam pelajaran per minggu dengan agenda rutinnya kegiatan Diniyah Pagi yang dilaksanakan pada pukul 09.10-10.00 di Masjid Syuhada Yogyakarta.
Mata Pelajaran yang diajarkan di SMP IT Masjid Syuhada adalah sebagai berikut:
  1. Pendidikan Agama Islam (Fiqih, Qur’an Hadist, Aqidah Ahlaq, Tarih/Sejarah Kebudayaan Islam)
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Matematika
  6. Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Ilmu Pengetahuan Sosial
  8. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan/olahraga
  9. Seni Budaya
  10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  11. Bahasa Arab
  12. Bahasa Jawa
  13. Tahfidzul Qur’an (Tahfiz)FiqiAl Quran HadistAqidah Ahlaq

D.          Fasilitas dan Sarana prasarana
Fasilitas dan sarana prasana sekolah meliputi :
a.       Ruang kelas yang representatif
b.      Laboratorium IPA
c.       Labortorium Komputer
d.      Perpustakaan
e.       Ruang UKS
f.       Ruang Bimbingan dan Konseling
g.      Kantin
h.      Koperasi Sekolah
i.        Masjid Agung Syuhada Yogyakarta
j.        Ruang Guru
k.      Ruang Tata Usaha
l.        Ruang Kepala Sekolah
m.    Free Wifi
n.      CCTV

E.     Pestasi yang Diraih SMP IT Masjid Syuhada
Sejak berdiri pada tahu 2004 SMP IT Masjid Syuhada sudah banyak memiliki prestasi. Berikut ini beberapa prestasi yang di raih SMP IT Masjid Syuhada:
a.       Juara I Nasyid Acapella putra dalam Bina Umat Competition Series 2016
b.      Juara II lomba renang gaya dada 50 M putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) Tingkat Kota Yogyakarta 2016
c.       Juara III lomba renang gaya dada 100 M putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) Tingkat Kota Yogyakarta 2016
d.      Juara I lomba lari 60 M putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) Tingkat Kota Yogyakarta
e.       Juara II lomba MHQ Putri dalam MHQ Pelajar tingkat kota Yogyakarta tahun 2016 dan lain sebagainya.[7]







BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
SMP IT Masjid Syuhada sudah memenuhi kriteria sebagai sekolah Islam terpadu yang dapat menggabungkan antara ilmu sains dan ilmu agama. Prestasi yang diraih SMP IT Masjid Syuhada tak kalah dengan SMP-SMP lain. SMP IT Masjid Syuhada menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dengan kurikulum intergasi antara kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran di SMP IT Masjid Syuhada dimulai jam 07.00  dan selesai pada pukul 14.20 dilanjutkan dengan ekstrakurikuler dan club.

B.     Saran
Dengan semakin semaraknya sekolah-sekolah Islam terpadu, diharapkan semakin maju pula pendidikan di Indonesia. Konsep pendidikan Islam terpadu sangat bagus, hendaknya konsep tersebut berlaku secara maksimal dan dari sekolah-sekolah Islam terpadu hendaknya mencetak generasi bangsa yang luar biasa.













DAFTAR PUSTAKA

Kasiran, Moh.. 1999.  Pendidikan Terpadu Sebagai Akseletor Kebangkitan Sains Islam, Jurnal STAIN Malang No. 6.
Mujib, Abdul & Mudzakkir, Jusuf. 2010.  Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Tafsir, A.. 2011.  PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Wahab, Rochmat. Konsep Sekolah Islam Terpadu.
YASMA. 2017.  Yayasan Masjid Syuhada. Yogyakarta: EMPAT-K.
Jagad, Perahu. 2014. Pengertian Pendidikan Islam Terpadu.
From:
Masjid Syuhada, SMPIT. Sejarah.
From:


[1] A. Tafsir, PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011), hlm. 21.
[2] A. Tafsir, PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011), hlm. 24
[3] Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010), hlm. 27.
[4] Moh. Kasiran, Pendidikan Terpadu Sebagai Akseletor Kebangkitan Sains Islam, Jurnal STAIN Malang No. 6 Tahun 1999, hlm. 22.
[5] Rochmat Wahab, Konsep Sekolah Islam Terpadu, hlm. 3.
[7] YASMA, Yayasan Masjid Syuhada, (Yogyakarta: EMPAT-K: 2017), hlm. 4.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Logo RA Perwanida VIII